salam bagi pecinta bakso

By Chef Eka - March 27, 2010

salam bakso

itu lah yang ingin saya katakan kira2 ada sekitar 500 orang lebih bertanya pada saya apakah resep bakso yang mantap

bagaimana caranya biar bakso kenyal??

saya amat sering mendengar pertanyaan diatas

baik saya beri pengertian bakso ini

bakso itu terbuat dari daging sapi/ayam/apapun bisa di buat
tapi pada umumnya bakso sapi

nah saya amat sangat khawatir pada bakso yang beredar di jakarta pada umumnya

1.kenapa bakso sapi itu bisa putih warnanya????

nah saya beri penjelasan bakso yang tanpa pengawet ataupun pewarna bakso itu tidak akan berwarna putih melainkan akan berubah warna beberapa jam setelah di olah menjadi bakso yaitu menjadi warna agak coklat
tapi yang beredar di apsaran adalah warnanya kok masih bisa berwarna putih setelah diatas 3 jam?
dari beberapa tempat yang bakso terkenal maupun bakso pinggir jalan saya bertanya pada mereka memakai apa
1.bayclin sebagai pemutih
2.formalin tanpa takaran sebagai pengawet (formalin bisa digunakan sebagai pemutih juga bisa sebagai pengawet)


jadi hati2 lah dalam memilih makanana


2.mengapa bakso bisa kenyal???

nah ada beberapa teknik pengenyalan bakso yang di kenyal

1.dengan mengunakan takaran tepung yang pas dan cara mengolah bakso dari awal hinggah akhir dgn cara yang tepat tanpa tambahan bahan pengenyal

2.dengan cara di beri pengenyal apa nama pengenyalanya tidak mungkins aya beritahukan

ada baiknya bagi ibu2 ataupun keluarga dalam memilih hal di perhatikan lagi

di karenakan bakso yang kenyal nya baik adalah bakso yang teknik pengolahannya baik berupa tepung dan cara pembuatan bakso itu sendri

jadi jangan ragu untuk memilih bakso yang hitam dari pada yang putih

dan biasakan memasaklah sendiri bakso ini sangat lah mudah caranya untuk mengolah bakso ini
jadi tunggu apa lagi mari buat diri kita lebih sehat



hasil pengamatan bakso ini sudah saya pelajari selama 6 bulan

walau pernyataan ini sangat wow tapi saya tau benar bakso2 yang baik itu bagaimana

karna
kita bisa kok buat bakso tanpa bahan2 kimia

  • Share:

You Might Also Like

0 comments